Oleh: cakudik | 19 Juli 2012

Sosialisasi Software UKG Online

Pertanyaan pertama sebelum anda membaca artikel ini. sudahkah anda baca Pedoman UKG (kalau belum klik disini), pada hari pelaksanaan UKG Onlline yang perlu diperhatikan adalah :

Tata Cara Mengikuti Ujian

  • Peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya;
  • Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis;
  • Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta sertifikasi guru dan NUPTK;
  • Peserta melakukan pengisian dan perbaikan data individu sebagaima data yang tertera pada layar monitor;
  • Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit;
  • Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan;

Berikut akan kami kenalkan tentang penggunaan software UKG Online. Setelah tiba gilirannya seorang peserta UKG masuk ke dalam ruang ujian beserta kelompoknya (20 – 25 orang), setiap peserta duduk tepat dihadapan komputer yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara lengkap dengan CD bootable sisten UKG dan terkoneksi ke server. Komputer server telah terkoneksi dengan jaringan internet minimal 512 kbps.

Berdoa sebelum bekerja adalah penting karena sebesar apapun kesiapan anda kalau Alloh tidak meridhoi maka anda tidak akan berhasil sempurna dalam menghadapi UKG ini.

Setelah mendapatkan perintah untuk booting dari panitia, maka setiap peserta harus melakukannya, maka berikutnya anda akan menghadapi layar login sebagai berikut :

Silahkan anda inputkan Nomor Peserta dan NUPTK sesuai dengan kartu peserta yang anda terima dari Dinas Pendidikan.

Data yang diinputkan pada Nomor Peserta dan NUPTK, dua-duanya harus benar,  jika  salah  satunya  salah maka  peserta  ujian  tidak  diijinkan  Login pada sistem ujian. Jika terjadi kesalahan input Nomor Peserta dan NUPTK maka menampilkan informasi seperti dibawah ini :

Namun jika kesalahan itu terjadi hanya input NUPTK maka pesan yang akan ditampilkan adalah berikut ini :

Setelah berhasil Login maka peserta segera masuk pada menu Pilih Mata Ujian.  Pada sistem UKG online, setiap peserta   hanya disiapkan satu mata ujian sesuai dengan mata pelajaran yang  tertera pada sertifikat pendidiknya. Jika  terjadi perbedaan mata  pelajaran  yang  diampu  dengan  mata  ujian,  itu  berarti  terjadi  kesalahan inisialiasi dari awal.  Setiap peserta melekat pada dirinya satu mata pelajaran yang diampunya  sesuai  dengan  sertifikat  pendidiknya.  Perhatikan  gambar  Pilihan Mata  Ujian  menyediakan  informasi  nama  Mata  Ujian,  Durasi  waktu  yang disediakan  untuk  mengerjakan  ujian  tersebut,  dan  standar  kelulusan. Untuk melanjutkan pada sesi ujian dengan menekan tombol Ikut Ujian.

Setelah menekan tombol Ikut Ujian  maka selanjutnya menampilkan informasi konfirmasi ujian tentang nama mata pelajaran, bidang keahlian, program keahlian, profesi, jenjang pendidikan seperti pada gambar berikut :

Setelah  yakin  data  itu  benar  maka  Anda  dapat  melanjutkan  dengan  menekan Ikut Ujian, maka soal ujian sesuai dengan mata ujian akan tampil seperti pada gambar berikut :

 

Setiap  halaman  ujian  berisi  hanya  satu  unit  soal  yang  terdiri  uraian  soal  pada  bagian paling  atas,  dibawahnya  ada  empat  uraian  jawaban    (A,  B,  C  dan  D).  Pilihan  jawaban tersebut dapat dipilih dengan 2 cara yaitu :

1. Menggunakan Mouse  : Arahkan mouse dan klik kiri mouse 1x pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling Benar. Pilihan  jawaban yang  terpilih akan memberikan  reaksi  perubahan  warna  dari  biru menjadi merah.  Jika menurut Anda  pilihan  jawaban  Anda  sebelumnya  kurang  tepat,  maka  Anda  dapat memilih  jawaban  lainya  arahkan  mouse  dan  klik  kiri  mouse  1x  lagi  pada pilihan  jawaban yang menurut Anda paling Benar. Perubahan pilihan  jawaban  berapa kalipun itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.
2. Menggunakan Keyboard : Tekan huruf A atau B atau C atau D untuk memilih jawaban yang menurut Anda paling benar. Pilihan  jawaban yang  terpilih akan memberikan  reaksi  perubahan  warna  dari  biru menjadi merah.  Jika menurut Anda  pilihan  jawaban  Anda  sebelumnya  kurang  tepat,  maka  Anda  dapat memilih jawaban dengan menekan huruf A atau B atau C atau D yang menurut Anda  paling  benar.  Perubahan  pilihan  jawaban    berapa  kalipun  itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.

Berikut ini adalah toolbar yang disiapkan pada software Pelaksana UKG Online untuk memudahkan peserta mengikuti ujian. Software Pelaksana  dirancang    khusus  untuk  mengakomodir  seluruh  peserta  uji  termasuk  yang  belum  pernah  pakai  komputer  sekalipun.

Kesalahan yang mungkin terjadi akibat salah tekan mouse atau salah tekan keyboard 99% tidak akan terjadi, karena fungsi keyboard dan mouse telah diminimalisir. Pada saat ujian berlangsung tombol keyboard yang berfungsi hanya 5 tombol yaitu : tanda +, -, angka 0, spasi dan backspace. Perhatikan gambar berikut :

(Silahkan diklik untuk memperbesar gambar)

Berikut  ini adalah contoh soal dimana peserta  telah memberikan  jawaban, maka secara otomatis pada sudut kanan halaman ujian muncul informasi jawaban yang Anda pilih. Perhatikan gambar :

Soal dan jawaban pertama

Soal dan jawaban yang sudah diperbarui

Catatan Penting : Pada saat ujian berlangsung, sistem ujian akan merekam jawaban secara otomatis setiap 4-5 menit

Untuk  memudahkan  peserta  ujian  berpindah  atau  ke  lompat  ke  soal  yang diinginkan  tanpa harus pindah satu persatu, maka software  ini  juga menyediakan Navigasi Soal   yang tidak hirarki. Perhatikan gambar :

Nomor soal yang berwarna hijau berarti soal tersebut sudah terjawab, nomor soal yang sudah berwarna merah berarti soal tersebut belum terjawab, sedang nomor soal yang berwarna biru adalah nomor soal yang dipilih untuk dibuka secara langsung dengan cara mengklik tombol Ok

TOMBOL PROSES UJIAN

Dari sekian banyak tombol yang ada pada sistem ujian online, ini adalah tombol  yang paling penting, karena akan memproses hasil ujian peserta

Maka dari itu peserta Wajib membaca informasi atau perintahnya  yang muncul.

Setelah peserta menekan tombol proses ujian   maka muncul beberapa kali konfirmasi yang harus dibaca dan dipahami.

Konfirmasi Pertama : 

Informasi  bahwa  waktu  untuk  mengerjakan  soal  ujian  masih  ada/tersedia,  jika Anda  ingin  menyelesaikan  atau  memproses  ujian  takan  tombol Ya maka muncul  informasi seperti pada gambar dibawah untuk selesaikan ujian, namun  ingin kembali memeriksa soal ujian silahkan klik Tidak  

Konfirmasi Kedua : 

Untuk  meyakinkan  bahwa  apakah  Anda  ingin  menyelesaikan  ujian,  maka  ada konfirmasi  yang  kedua Selesaikan Ujian.  Informasi  yang  disampaikan  pada konfirmasi  adalah  nama  mata  pelajaran,  bidang  keahlian,  program  keahlian, profesi,  jenjang  pendidikan,  standar  kelulusan,  nilai  pedagogik  dan  nilai profesional.  Tekan  tombol  Selesai  sehingga  akan  muncul  informasi  ujian seperti pada gambar dibawah yang menampilkan hasil ujian.

Silahkan perhatikan hasil ujian, luluskah anda ? untuk kesempatan yang pertama anda sendiri yang tahu, silahkan bandingkan nilai pedagogik dan nilai profesional anda dengan Standar Kelulusan (70) yang sudah ditetapkan.

Sumber : Materi ToT Uji Kompetensi Guru (UKG) Online

Tambahan :

Bagi yang membutuhkan file-file tentang UKG silahkan download pada link dibawah ini :

  1. Pedoman UKG
  2. MATERI TOT TIM TEKNIS UKG ONLINE
  3. INTERFACE_UKG_ONLINE_2012 (dari LPMP Jawa Tengah)
  4. Video Software UKG

Silahkan semua di download dan disebarluaskan ke seluruh rekan guru di Republik Indonesia yang tercinta ini …… Merdeka !

Akkhirnya, selamat menempuh UKG 2012 Online. Semoga Alloh meridhoi, Aamin.

Salam Satu Jiwa dari Bumi AREMA

Admin.

About these ads

Responses

  1. BAgus….!
    Terima kasih sudah berbagi….
    Butuh software kartu UKG..ada ga ?

    • Terima kasih bapak atas kunjunganya, berbagi adalah urusan kita semua, dengan harapan UKG Online bisa erjalan lancar dan sukses. Tentang Software kartu peserta UKG biar dimiliki Dinas Pendidikan saja, biar nggak kacau, terima kasih, sampai ketemu lagi.

  2. ijin Share pak….. :)

    • Silahkan bapak, terima kasih telah berkenan untuk menyebarkan informasi ini, kopas saja, mencantumkan sumber bukan suatu keharusan, tapi informasi tersampaikan itu yang penting, salam buat rekan-rekan PGRI di Jember.

      • pak bisa ndak saya minta sofware yang tampilannnya sama dengan aslinya. biar nnti waktu ujian tdak kaget, soalnya dsini 70 % tidak mengerti IT.? mohon bantuannya ya pak.

      • Saya aa softwarenya dalam bentuk CD Live, OS Basicnya Ubuntu 12.04, tapi percuma nggak bisa dipakai karena penggunaannya harus terkoneksi dengan server sedang soalnya ada di srvr pusat, kalau soal latihan dengan interface seperti aslinya sanya nggak punya membuatnya pun bisa tapi juga makan waktu, perkara banyak yang tidak biasa dengan IT jangan kuatir ada tim teknis yang akan selalu mendapingi, ok ?

  3. Maz gak ada softwarenya cuman buat belajar bonyok saya

    • Software saat ini sedang disimpan di masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota selaku penyelengara. Meskipun punya juga nggak bisa digunakan karena kosong tidak ada soalnya, soal masih tersimpan dengan aman di server pusat (BPSDMP-PMP) dan soal baru bisa di download ke server lokal pada hari H oleh Petugas/teknisi yang memiliki hak akses.
      terima kasih dan mohon maaf.

  4. Mas tentang CD botting itu yg boting kita peserta atau teknisi?

    • Pak Gatot, untuk CD booting sudah disediakan penyelenggara dan masuk pada CDROM, peserta peserta tinggal menyalakan/booting komputer client kalau ada masalah nanti dibanntu tekhnisi, kemudian uji coba/belajar menggunakan sistem pelaksana UKG kurang lebih 15 menit dipandu oleh tekhnisi, kalau beres semua baru UKG dimulai, mengaten Pak Gatot jadi jangan kuatir apa lagi takut peserta akan didampingi pengawas dan tekhnisi.

  5. Pak, saya ikut copas yah, banyak teman-teman yang kebingungan mencari info, biar bisa dilihat di Blogku, trimakasih Banyak….

    • Silahkan …. silahkan Bu Tien, semakin banyak yang mempublikasikan semakin baik, kasihan rekan-rekan kita. SIlahkan copas an ditempelkan di blog panjenengan, nggak usah ditulis sumbernya juga nggak apa-apa yang pentik informasi nyampai ke teman-teman guru dimana saja … silahkan copas Bu Tien dan terima kasih.

  6. Mas mungkin penjenengan pernah dengar atau dicrinani peserta sertifikasi 2011 jalur portopolio kan harus ujian online dulu. Dan hasilnya banyak nggak lulusnya. Critanya baru mengerjakan 5 soal internetnya macet, kalau sdh begitu peserta akan mulai dr awal dan soalnya baru lagi begitu berulang ulang. Trus ini nanti akan terjadi seperti itu nggak ya?

    • Mengenai hal tersebut telah dipaparkan oleh bapak Salamun Ph.D (kepala LPMP Jatim) bahwa : aplikasi UKG Online telah dirancang :
      1. Ketika tiba-tiba listrik padam maka jawaban tetap tersimpan,
      2. Ketika jawaban meragukan, jawaban nomor sebelumnya dapat diganti,
      3. Peserta dapat kemali menerjakan soal nomor sebelumnya ketika waktu masih tersisa,
      4. Peserta dapat mengakhiri UKG setelah 3 kali melakukan konfirmasi

      Sehubungan dengan hasil UKG :
      1. Hasil ujian secara langsung dapat diketahui oleh peserta saat “Submit”
      2. Hasil ujian tingkat nasional akan dapat diketahui setelah tempat UKG meng-Upload hasil ujian ke server pusat
      a. Jika koneksi internet tempat UKG stabil maka server lokal dapat langsung upload
      b. Jika koneksi internet tempat UKG kurang stabil maka hasil ujian dikirim melalui email (email sudah ditentukan)
      c. Jika tidak ada koneksi internet, tetapi jaringan di lokal tempat UKG berfungsi baik maka hasil ujian di-copy ke CD/DVD oleh tim teknis kemudian diserahkan ke petugas LPMP yang ada di kab./kota, selanjutnya di-copy ke server pusat.

      Demikian Pak Gatot, semoga mendapatkan pencerahan, terima kasih.

  7. Trims ats informasi yg berharga ini

    • Terima kasih kembali Bu Cici, tugas kita adalah saling berbagi, siapa yang punya informasi maka wajib menginformasikan kepada rekan2nya.

  8. Mas aku lihat di run teks tve yg intinnya kemendikbud menyediakan contoh soal ukg. Penjenengan punya nggak soal yang dimaksud tersebut? Khususnya soal matematika smp. Maaf ya mas kalau aku tonya tanya terus, wis tuwo tapi gak pengin keri. Matur nuwun

    • Tiga hari yang lalu saya mendapatkan informasi tsb, sumbernya dari LPMP Sumatra Barat, berdasar informasi tesebut file dapat di unduh di URL : ukg.kemendikbud.go.id, namun yang dimaksud tidak pernah saya temukan Pak Gatot, jadi sementara ini berita tersebut bagi saya adalah HOAX, saya salut dengan panjenengan mari kita diskusikan informasi dan mari kita saling memagikannya untuk teman2 kia, menathen Pak Gatot mohon maaf saya belum punya soal tsb, mungkin nanti ada teman2 yang merespon, kita tunggu, yang penting Pak Gatot sudah pegang Kisi-kisi Mat SMP.

  9. Pak mau tanya.. sekiranya nanti di UKG itu seorang guru nilainya tidak sampai 70 dan berarti guru tsb tidak lulus. Apakah ini akan berakibat klo sertifikasinya dicabut ya pak. mohon penjelasannya pak..

  10. Pak Amri berarti belum baca postingan berjudul “Siapa takut hadapi UKG” pada blog ini. Penjelasan singkatnya UKG ini tujuannya adalah untuk pemetaan kompetensi guru di Indonesia, kalau sudah dipetakan berikutnya digunakan untuk menentukan kebijakan agar tidak salah sasaran, contohnya guru yang nilainya kurang dari 70 mendapatkan kebijakan mendapatkan pelatihan LPTK yang ditunjuk berarti sasarannya tepat sasaran dan kebijakan tidak jatuh pada guru yang kompetensinya sudah melebihi standar. Apa hubungannya UKG dengan TPP ? NGGAK ADA HUBUNGANNYA SAMA SEKALI, begitu Pak Amri, pangapunten.

  11. Software UKG Online ternyata tidak mudah diinstall. Para guru yang sudah berpengalaman dalam bidang komputer dan website saja sampai lembur-lembur install software UKG, itupun gagal. padahal pelaksanaan UKG tinggal 2 hari lagi. cerita ini terjadi di sekolah-sekolah di pulau Jawa. saya yakin, masalah ini menjadi serius di sekolah-sekolah di luar Jawa. apakah pelaksanaan UKG akan diundur???

    http://ukgonline.com/berita/ukg-diundur.html

    • Jangan diundur ah ….. kasihan yang sudah melekan untuk persiapan dan kasian sama anggaran pendidikan, soalnya kalau diundur maka biayanya semakin membengkak, pangapunten.

  12. saya nggak yakin UKG akan berhasil soalnya kebanyakan guru yng nggk tau tentang IT,ter utama guru yng mengajar puluhan tahun….nanti hasilnya akan amburadul……

    • Sebaiknya panjenengan baca artikel “Membedah software pelaksana UKG”, pangapunten


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: