Oleh: cakudik | 3 Desember 2012

Tanggapan : Kurikulum 2013 di SD

struktur kurikulum sd

Setelah memperhatikan Draft Resmi Kurikulum 2013 dan dokumen Uji Publik Kurikulum 2013 yang disebarluaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . Kami sebagai guru matematika perlu kiranya untuk menanggapi atas bebera hal yang terdapat pada dua dokumen diatas.

1. Tematik

Berdasarkan strategi Discovery Learning yang mengacu pada tiga tahap representasi menurut Bruner yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik akan lebih pas kalau pelaksanaan pembelajaran Tematik ini diberikan pada kelas-kelas awal yaitu kelas 1, 2,3 dan kelas 4, hal ini disebabkan karena pda kelas-kelas awal ini peserta didik lebih mudah belajar dengan hal-hal yang bersifat realitik dan akan merasa kesulitas pada saat dihadapkan dengan hal-hal yang bersifat abstrak (simbolik). Sedang rencana pelaksanaan pembelajaran tematik pada draft Kurikulum 2013 diberikan pada siswa kelas 5 dan 6. (Kuwalik Pak Lik)

2. Pengintegrasian Mata Pelajaran IPA dan IPS

Pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS pada semua mata pelajaran saya rasa cukup pada kelas awal yaitu kelas 1, 2, 3 dan 4 sedang pada kelas 5 dan 6 peserta didik harusnya sudah dikenalkan pada mata pelajaran IPA dan IPS sebagai Ilmu Pengetahuan yang berdiri sendiri, hal ini diperlukan karena ada keterkaitan dengan mata pelajaran pada tingkat sekolah menengah Pertama (SMP) dimana materi dua mata pelajaran tersebut sudah cukup komplek.

3. Penghapusan Bahasa Inggris

Menanam benih harus dalam kalau kita menginginkan pohon yang tegak dan berbuah lebat.” Kata-kata bijak tersebut mendasari Janganlah Bahasa Inggris  di Sekolah Dasar dihapus karena Amanah Kurikulum 2013 tidak hanya output yang baik tapi outcame-nya juga bermutu serta lahirnya kurikulum 2013 ini untuk menyiapkan anak bangsa dalam menghadapi perubahan dan persaingan global, maka untuk meningkatkan daya saing peserta didik salah satunya yaitu Bahasa Inggris tetap diberikan di Sekolah dasar meskipun ya ekstrakurikuler, ditambah lagi rekan-rekan guru SD pengampuh Bahasa Inggris mau dikemanakan ?

4. Penambahan Jam Belajar di sekolah

Untuk penambahan jam belajar di sekolah, mohon ditinjau kembali, mengingat kemampuan anak-anak se usia sekolah dasar terbatas, jangan sampai hanya karena penambahan jam belajar di sekolah dasar menjadikan penyebab kegagal dari Kurikulum 2013.

Demikian tanggapan kami, kepada tim penyusun Kurikulum 2013 kami sampaikan selamat beserja semoga karya anda dapat menghantarkan anak bangsa yang memiliki daya saing yang tinggi.

Marsudi Prahoro, S.Pd (Guru Matematika SMPN 5 Lawang Satu Atap)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: