Oleh: cakudik | 8 Oktober 2011

Sekilas Tentang MGMP Matematika SMPN Satu Atap Malang

Sejak digulirkannya UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang menelorkan berbagai regulasi pendidikan nasional yang dikenal dengan 8 standar, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Penilaian, Standar Pengelolaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Pembiyaan. Maka setiap satuan pendidikan diberikan keluasan untuk melaksanakan kedelapan standar tersebut secara optimal dengan memperhatikan regulasi pendidikan lainnya.

Dengan keadaan yang semakin komplek ini SMP Negeri Satu Atap yang berada pada naungan pembinaan Direktorat Jendral Pembina Sekolah Menengah Pertama (Ditjen PSMP) yang masih relatif baru sebagai lembaga penyelenggara pendidikan di Indonesia terus berbenah untuk menyetarakan diri dengan lembaga penyelenggara pendidikan reguler baik negeri maupun swasta. 

Secara Khusus dalam peningkatan mutu pendidik, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri Satu Atap se Kabupaten Malang memfasilitasi terbentuknya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Satu Atap yang diawali pembentukannya pada kegiatan “Workshop Peningkatan Kompetensi Pengelola SMP Negeri Satu Atap Kabupaten Malang” yang diselenggarakan pada tanggal 15 sampai 17 September 2011 di Hotel Selorejo – Ngantang. Pada kegiatan tersebut menelorkan kebijakan salah satunya yaitu pembentukan MGMP, sementara pada mata pelajaran yang di UN-kan : MGMP Matematika, MGMP IPA, MGMP Bahasa Indonesia dan MGMP Bahasa Inggris.

Pada kegiatan pertama, pembukaan, dilaksanakan tanggal 8 Oktober 2011, bertempat di SMPN 2 Dau Satu Atap tepatnya di desa Kucur kecamtan Dau Kabupaten Malang, secara serentak keempat MGMP melaksanakan kegiatan bersama di satu tempat.

Dengan penuh antusias semua peserta dari 28 SMPN Satu Atap melakukan kegiatan pertama dengan merumuskan soal-soal prediksi UN 2012 sesuai dengan SKL UN 2011, kegiatan diawali pada jam 10.00 WIB, dibuka oleh Ketua MKKS SMPN Satap Kabupaten Malang, Bapak Didik, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan masing-masing MGMP dengan bimbingan pembimbing MGMP yang telah di tunjuk dari pengurus MKKS SMPN Satu Atap dan kegiatan di tutup jam 14.00 WIB dengan produk yang dihasilkan berupa satu paket soal-soal prediksi UN 2012.

Dalam penutupan Ketua MKKS SMPN Satu Atap Kabupaten Malang, menugaskan pada setiap peserta MGMP untuk melajutkan kegiatan ini secara mandiri sampai menghasilkan soal-soal Prediksi UN 2012 sedikitnya 5 soal untuk setiap peserta sehingga nantinya akan diterbitkan Buku Prediksi UN 2012 dengan 5 Paket, pekerjaan harus sudah terkirim melalui email masing-masing MGMP selambat-lambatnya tanggal 8 Nopember 2011.

Bravo SMPN Satu Atap Kabupaten Malang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: