Oleh: cakudik | 20 November 2011

Strategi Sukses UN 2012

Waktu pelaksanaan UN tinggal beberapa saat lagi, siapkah anak didik anda menghadapinya ? Atau anda sebagai guru belum memulai mempersiapkannya ? Apapun jawabannya waktu terus berjalan dan kita tidak bisa mengambil waktu yang telah meninggalkan kita, mulai … segeralah memulai kegiatan persiapan menghadapi UN. Suatu kegiatan tentunya akan lebih efektif dan efisien bila diawali dengan penetapan target yang harus dicapai, baru kemudian menyusun strategi untuk mencapai target yang ditetapkan. Yang tak kalah pentingnya bahwa kegiatan sukses UN ini merupakan tanggung jawab bagi seluruh warga sekolah dan pemangku kepentingan, sehingga untuk melaksanakan kegiatan ini akan lebih mudah dicapai jika dilaksanakan oleh Team Work yang cerdas. 

Sejauh ini sukses UN masih menjadi parameter keberhasilan sekolah dalam mengelola pendidikan. Namun dengan banyaknya penyimpangan-penyimpangan yang kerap dilakukan berbagai pihak menjadikan hasil UN dipertanyakan kualitasnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan UN. Sebagai guru kita harus menggunakan strategi yang tepat untuk menyiasati suksesnya UN bagi peserta didik.

Langkah-langkah ini dilakukan dari awal pembelajaran hingga menjelang hari pelaksanaan.

Pertama, gunakan metode pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).

Di mana pun dan kapan pun sebuah metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran, sehingga peserta didik kita tidak sekadar tahu tapi juga memahami materi pembelajaran yang kita sampaikan. Cara ini dilakukan mulai dari pertama kali pembelajaran berlangsung di kelas.

Kedua, pendekatan interpersonal.

Pendekatan ini dilakukan untuk memahami karakter peserta didik. Hal ini akan berpengaruh juga pada kedekatan emosional peserta didik dengan kita.

Pendekatan ini akan melahirkan sebuah harmonisasi hubungan guru dengan murid, sehingga ketika peserta didik mengalami kesulitan-kesulitan belajar maka dapat segera diatasi.

Ketiga, biasakan peserta didik dengan try out.

Latihan ujian merupakan cara untuk mengadaptasikan peserta didik dengan soal-soal berstandar nasional.

Dengan terbiasanya berlatih maka peserta didik dapat memahami karakteristik soal UN sehingga memudahkan mereka menguasai soal nantinya.

Keempat, beri motivasi dan asah kecerdasan spiritual mereka.

Usaha lahir memang penting, namun usaha batin pun tidak kalah penting. Doa bersama merupakan cara untuk mengasah spiritual peserta didik.

Cara ini dipandang efektif untuk meningkatkan kesadaran diri bahwa kekuatan mental seseorang dipengaruhi oleh kedekatannya pada sang Pencipta.

Sebagai guru kita tidak hanya bertanggung jawab untuk mengajar atau mentransfer pengetahuan, tapi juga mendidik dan memotivasi peserta didik. Hal ini memberi dampak besar terhadap psikologi mereka ketika mengerjakan soal UN. Semoga Sukses UN tidak hanya sukses kuantitas saja tapi juga kualitas dan yang paling penting penanaman nilai-nilai karakter dan pekerti bangsa tetap harus ditanamkan pada peserta didik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: