Oleh: cakudik | 24 Desember 2011

Pemanfaatan Blog di Internet sebagai Media Test Online

A. Latar belakang Masalah

Dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pelaksanaan ujian tertulis atau ulangan harian masih menggunakan sistem offline. Dimana para siswa mengerjakan soal-soal ujian atau ulangan harian dengan menggunakan kertas ulangan yang disiapkan oleh sekolah. Soal-soal ulangan teori di foto copy sesuai dengan jumlah siswa.

Ujian tertulis dengan cara seperti itu jelas sangat memboroskan biaya. Terutama untuk foto copy soal dan pembelian kertas ulangan. Kertas Ulangan dan soal ujian pun menjadi menumpuk di meja guru ketika dikoreksi. Apalagi bila soal yang dibuat berbentuk soal Essay atau uraian. Melihat kenyataan itu, dibuatlah sebuah upaya agar ujian tertulis dilakukan secara online. Guru melakukan inovasi dengan menuliskan soal-soal ulangannya di media online yang bernama blog di internet. Tanpa disadari, guru telah turut mengkampanyekan “Go Green Technologi” (teknologi ramah lingkungan), karena guru dapat menghemat penggunaan kertas yang dibuat dari pohon/kayu. Soal-soal tidak perlu lagi di foto copy.

Blog adalah alat rekam yang ajaib. Kita bisa menuliskan apa saja yang disukai dan dikuasai. Semua tulisan yang dibuat dapat tersimpan dengan baik berdasarkan bulan penyimpanan. Para pengguna internet (netter) dapat melihat, dan membaca tulisan-tulisan kita bila mengetahui alamat blog yang dikelola. Semakin bagus isi (content) blog yang dibuat, maka semakin banyak netter yang akan melahap habis tulisan-tulisan pengelola blog yang biasa disebut blogger. Banyak membaca akan membuat pemilik blog atau blogger menjadi gemuk menulis. Kreativitas menulis akan terbentuk kalau kita sering menulis.

Blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online. Para guru dapat membangun dan mengelola blog pembelajaran untuk para peserta didiknya. Terjadilah proses interaksi antara guru dan siswa melalui blog di internet. Guru dan siswa sama-sama belajar aktif dalam dunia maya yang tak pernah tidur atau online 24 jam. Guru bisa memasukkan semua materi pelajarannya ke dalam blog dengan cara yang lebih menarik, dan para siswa diminta untuk membaca materi pelajaran yang sudah dituliskan dalam blog guru. Blog dapat dijadikan sarana meningkatkan minat dan budaya membaca peserta didik.

Selain memasukkan materi pembelajarannya, para guru dapat juga membuat soal-soal di dalam blog, dan siswa diminta untuk menjawabnya melalui bagian komentar yang dimoderasi oleh guru sebagai pengelola blog. Dengan begitu, setiap jawaban soal dari siswa tidak bisa dilihat dan dibaca siswa lainnya sebelum dimoderasi oleh guru sebagai admin blog.

Berdasarkan kenyataan di atas, untuk membuat ujian tertulis atau test online, maka perlu dipikirkan efektivitas, cara penyajian, dan model pembelajaran TIK pada pembuatan soal-soal online di blog.  Blog di internet memungkinkan setiap siswa dapat berpatisipasi aktif dalam pembelajaran, karena bahan ajar dengan menggunakan media blog di internet dikemas dalam bentuk interaktif dan bersifat edukatif di dalam blog yang dikelola oleh guru.

B. Rumusan Masalah:

Bagaimanakah memanfaatkan blog di internet sebagai media test online dalam meningkatkan hasil belajar TIK di SMP Labschool Jakarta?

C.     Ruang Lingkup

Ruang Lingkup permasalahan dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut:

  1. Pemanfaatan blog sebagai media test online dalam bentuk essay guna melihat daya tangkap, dan kreativitas menulis siswa dalam pemahaman materi yang telah diberikan sehingga membangun karakter siswa yang mandiri
  2. Penelitian ini hanya dilakukan pada siswa kelas VIII-C SMP Labschool Jakarta tahun pelajaran 2010 – 2011 dengan harapan adanya pengurangan pembiayaan pendidikan dalam membeli kertas dan memfoto copy soal-soal ujian tertulis.

Tujuan penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan blog di internet sebagai media test online dalam meningkatkan hasil belajar TIK kelas VIII-C di SMP Labschool Jakarta. Secara rinci tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah

  1. Memanfaatkan blog sebagai media test atau ujian tertulis online di internet
  2. Memberikan solusi pembelajaran yang menarik, dan menyenangkan serta dapat menggambarkan konsep secara representative.
  3. Mengkampanyekan Go Green Technologi di sekolah, dan menghilangkan penggunaan kertas dalam pembelajaran TIK, dan ujian tertulis
  4. Mendeskripsikan kadar partisipasi aktif siswa dalam memanfaatkan blog sebagai media test atau ujian tertulis online di internet
  5. Meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Labschool Jakarta pada mata pelajaran TIK.

Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan dapat memberikan manfaat ke berbagai pihak sebagai berikut:

Bagi Siswa:

  • Siswa menjadi senang belajar TIK, dan tidak perlu lagi menjawab soal-soal dengan cara offline,karena semua soal dijawab dengan cara online melalui blog.
  • Ikut mengkampanyekan gerakan “Go Green Technologi” yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah dengan menghemat penggunaan kertas.

Bagi Guru:

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang model-model pembelajaran berbasis online yang kreatif dan inovatif
  • Meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis ICT
  • Memperluas wawasan guru mengenai penelitian tindakan kelas (PTK) dan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas.

Bagi Sekolah:

  • Mengurangi biaya pembelian kertas dan foto copy soal-soal ujian tertulis
  • Terobosan baru untuk melakukan tes tertulis secara online

Guru yang semula sebagai penyampai pengetahuan, sumber informasi, kemudian berubah menjadi fasilitator pembelajaran, kolaborator dan mitra. Siswa juga berubah dari penerima informasi pasif menjadi penerima informasi aktif dengan cara menuliskannya di blog.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2011/07/03/pemanfaatan-blog-di-internet-sebagai-media-test-online/ (di akses : Sabtu, 24/12/2011, jam 10.32 wib)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: