Oleh: cakudik | 4 Januari 2012

SKB Lima Menteri

Setelah munculnya surat edaran dari Sekjen Menteri tentang keberadaan GTT (lihat postingan GTT ?) yang menimbulkan banyak tanda tanya bagi guru-guru di kalangan SMP Satu Atap yang sebagian besar gurunya masih GTT, akhirnya terjawab dengan SKB Lima Menteri. Fakta di lapangan memang menunjukkan bahwa di sekolah-sekolah tertentu terdapat kelebihan guru kelas/guru mata pelajaran tertentu sementara di sekolah-sekolah tertentu lainnya kekurangan. Salah satu contoh di SD Srigading 2 Lawang (yang juga menjadi satu pengelolaan dengan SMP Negeri 5 Lawang Satu atap), jumlah kelas lengkap dari kelas I sampai kelas VI, namun guru kelas PNSnya hanya satu, berarti guru yang lain GTT, ironisnya PNS yang hanya satu ini mnengantongi SK Penempatan di sekolah yang baru per 1 Januari 2012, sehingga dapat dikatakan di sekolah ini “Sowong” nggak ada gurunya (itu kalau di tilik dari SE Sekjen Mendiknas).

Fakta ini diperkuat oleh kenyataan banyaknya guru bersertifikasi yang terpaksa harus mengajar di sekolah lain guna memenuhi jumlah jam mengajar minimal (24 jam).

Beberapa waktu yang lalu hanya sayup-sayup terdengar bahwa pemerintah pusat sedang dalam proses menyusun peraturan guna mengatasi masalah tersebut, dan kini peraturan tersebut (yang melibatkan 5 kementerian) sudah diterbitkan dan akan mulai diberlakukan pada 2 Januari 2012 yang akan datang. Dengan demikian pemerintah daerah kini telah memiliki pijakan hukum untuk segera melakukan persiapan sehingga ketika action harus dilakukan tidak terkesan asal-asalan.

Mengingat peraturan ini bertautan dengan rotasi/mutasi yang tentu sangat rawan kolusi, maka yang paling penting ditegaskan adalah bahwa pengimplementasian peraturan ini musti benar-benar murni dalam kerangka peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan.

Untuk mendownload peraturan ini klik saja  SKB 5 Menteri

Admin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: