Oleh: cakudik | 13 Januari 2012

Langkah Kegiatan Dalam Menghadapi UN 2012

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kemendiknas RI telah mengeluarkan Permendiknas No. 59 tahun 2011 tentang KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK DARI SATUAN PENDIDIKAN DAN PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH / MADRASAH DAN UJIAN NASIONAL , artinya sudah ada kepastian tentang pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012. Ujian Nasional memang harus dilaksanakan karena hal ini merupakan amanat dari UU No.20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan operasionalnya dituangkan dalam Permendiknas No.20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Ketiga regulasi tersebut mendassari pelaksanaan ujian nasional.

Sebagai penanggungjawab pelaksanaan Ujian Nasional Adalah BSNP, berdasar pada UU No. 20 Tahun 2003, PP No. 19 Tahun 2005 dan Permendiknas No. 59 Tahun 2011 akhirnya mengeluarkan Peraturan No. 013/P/BSNP/XII/2011 tentang KISI-KISI UJIAN NASIONAL UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 .

(Semua berkas berkaitan dengan Pelaksanaan UN 2012 dapat anda unduh pada menu Download pada Blog ini)

Kalau dikaji memang ada beberapa perubahan pada Kisi-kisi UN 2012, secara khusus pada mata pelajaran Matematika yang pada tahun 2011 terdapat 4 SKL pada tahun 2012 ketambahan 1 SKL yaitu Peluang yang sebelumnya tidak ada.

Mengingat arah UN sekarang adalah peningkatan mutu pendidikan terus bagaimana persiapan yang harus dilakukan oleh sekolah, guru mata pelajaran, peserta didikan dan orang tua ?

Bagaimana langkah Pemerintah Daerah dalam menghadapi UN 2012 ?

Pemerintah daerah Kabupaten Malang melalui Dinas pendidikan telah melakukan kegiatan dalam menyongsong pelaksanaan UN 2012, antara lain sebagai sebagai langkah awal yaitu :

  1. Pendataan/Nominasi Peserta UN 2012,
  2. Sosialisasi UN 2012 yang dilaksanakan oleh Pengawas pada masing-masing subrayon binaannya

Kegiatan Sekolah Dalam Menghadapi UN 2012 ?.

Stelah mendapat kepastian tentang pelaksanaan UN 2012, maka setiap satuan pendidikan harusnya segera melakukan kegiatan seperti :

  1. Membentuk Tim Sukses Ujian Nasional 2012,
  2. Membedah SKL, menyusun Kisi-kisi soal Predikasi UN, melalukan telaah soal serta mengujicobakan kepada siswa minimal 2 kali dan hasilnya di analisis untuk mengetahui sejauh mana presentase ketercapaian, baik ketercapaian KD yang di ajarkan guru maupun ketercapaian ketuntasan siswa secara individual dalam menghadapi Soal Ujian Nasoinal nanti.
  3. Semua satuan pendidikan secara dini menyusun dan melaksanakan program sukses Ujian Nasional dan Ujian sekolah, dari pengadaan jam tambahan dan pembahasan soal-soal UN dan US pada siswa kelas 9, hingga istigosah atau doa bersama secara rutin. Tentunya semua pihak menginginkan angka kelulusan di setiap satuan pendidikan mencapai 100%, juga naiknya rata-rata nilai UN dan US.
  4. Bahwa kerja sama yang yang baik antara sekolah, masyarakat, orang tua dapat terjalin dan ditumbuhkembangkan terus menerus

Selain itu tentang peningkatan peningkatan mutu pendidikan ini peranan Kepala Sekolah selaku manajer untuk demokratis dalam menerapkan semua kebijakan pemerintah (Daerah dan Pusat) dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan, dan bersikap progresif dalam menerapkan program sekolah, dengan modal kecil tapi mampu mencapai manfaat yang sebesar-besarnya. Kreatifitas lokal para kepala sekolah dituntut dalam kerangka MBS (manajemen Berbasis Sekolah) dengan terus melibatkan peran serta orang tua siswa dan lingkungan sebagai mitra. Satuan pendidikan sebagai unit pelayanan publik juga dituntut senantiasa meningkatkan pelayanan yang bermutu dengan menerapkan asas keterbukaaan.

Apa yang harus dilakukan Siswa ?

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya tentang adanya isu bocornya kunci jawaban dari ulah oknum yang tidak betanggung jawab maka di harapkan kepada semua siswa calon peserta ujian nacional (UN) tahun 2012 agar tidak terpengaruh dengan isu-isu tentang kunci jawaban soal UN yang beredar di tengah masyarakat. Siswa harus lebih percaya diri dan tidak mudah terpengaruh oleh iming-iming atau tawaran dari siapapun yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu siswa calon peserta UN harus mengutamakan kepercayaan diri yang kuat tidak perlu takut menhghadapinya, karena soal-soal UN adalah soal yang sesuai dengan KD yang sifatnya standar minimal yang sudah di ajarkan oleh guru di sekolah, yakinlah dan berpikir positiflah, kalian pasti bisa !. sebagai motivasi ada Sembilan tips bagi siswa dalam menghadapi UN 2012 :

  1. Belajar dengan tekun,
  2. Mengulangi mata pelajaran.
  3. Bertanya kepada teman, orang tua atau guru jika ada materi pelajaran yang belum dipahami.
  4. Percaya diri. Percaya dengan kemampun diri sendiri. “You can if you think you can”.
  5. Mencoba mengerjakan soal-soal ujian tahun yang lalu.
  6. Berlatih menjawab soal-soal latihan yang ada di dalam buku pelajaran.
  7. Berpikir positif dan bersikap sportif.
  8. Menjaga kesehatan dengan cukup istirahat, olah raga, dan makan secara teratur.
  9. Berdo’a kepada Alloh

Sedangkan kepada para guru dan orang tua murid supaya memberikan dorongan dan motivasi kepada para siswa untuk mempersiapkan ujian dengan sebaik mungkin demi kesuksesan anak-anak kita, generasi penerus bangsa.

Akhirnya Admin mengucapkan selamat bekerja semoga apa yang dicita-citakan dapat diraih


Responses

  1. mohon domnis yang sekolah dasar dong!/

    • Mohon maaf Pak Andi, sampai saat ini kami belum memiliki yang dipesankan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: