Oleh: cakudik | 11 Juli 2012

Jadwal UKG 2012 Online

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012 Online yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan label “Uji Ulang Kompetensi Guru Bersertifikat”, apapun namanya, rasanya sama, namun respon dari kalangan guru dan lembaga profesi guru terjadi pro dan kontra. Pro dan Kontra tidak menyurutkan semangat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melaksanakan UKG 2012 Online ini, hal ini dibuktikan dengan telah dikeluarkannya info tentang jadwal pelaksanaan kegiatan ini oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) yang dikomandani oleh bapak  Syawal Gultom.

Uji Kompetensi Guru atau UKG akan digelar secara bertahap. Tahap awal, akan diikuti guru jenjang SMP mulai 30 Juli 2012. ’Untuk jadwal selanjutnya, akan diikuti oleh guru SD, SMA maupun SMK,” ungkap Kepala Badan Pengembangan SUmber Daya Manusia Pendidik dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP), Syawal Gultom di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (9/7).

Syawal menyebutkan, untuk sementara ini jumlah peserta yang akan ikut UKG ada sebanyak 1.020.000 orang guru dan ujian ini menggunakan sistem online yang bisa dilakukan di kantor kepala desa, ataupun di mana saja yang memiliki fasilitas internet.

“Hanya saja, ujian ini tidak akan ada pengumumannya. Pasalnya, hasil ujian ini hanya akan digunakan untuk data kementerian atau pemerintah. Sehingga, pemerintah mengetahui peta kompetensi guru-guru di Indonesia,” ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan nasib guru yang tetap menolak UKG? Syawal menjawab, pemerintah tidak akan memaksa. “Terserah saja, jika mereka tidak mau. Pastinya mereka akan rugi sendiri karena tidak akan mendapatkan pembinaan dan tidak akan dimasukkan dalam peta kompetensi guru Indonesia yang dimiliki oleh kementerian,” imbuhnya. (sumber: jpnn).

Di DKI sudah melakukan berbagai persiapan oleh Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk menyediakan tempat dan perangkat keras (komputer dan koneksi internet) untuk mendukung terselenggaranya pelaksanaan UKG 2012 Online diwilayahnya.

Waktu Pelaksanaan UKG

a. Untuk Guru Bersertifikat Pendidik

Untuk Guru
Dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan. Dimulai dari jenjang SMP; selanjutnya SMA dan SMK; dan terakhir TK, SD, SLB.

Waktu Pelaksanaan : 30 Juli 2012 s.d. 12 Agustus 2012

b. Untuk Guru belum bersertifikat pendidik

Untuk guru yang belum bersertifikat pendidik UKG dilaksanakan pada tahun 2013

(Sumber : Pedoman UKG)

Contoh surat dan setingan hardware yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok dapat diunduh disini.

Semoga informasi ini bermanfaat, salam satu jiwa !

Admin.


Responses

  1. JADWAL PESERTA UKG UNTUK KAB. PROBOLINGGO KAPAN KELUAR?

    • Jadwal peserta UKG untuk Kab. Probolinggo sebenarnya sudah keluar dari LPMP Jawa Timur untuk TUK an jadwal pelaksanaannya hubungu saja Bagian Tentis Dinas Pendidikan disana atau sebelumnya hubungu UPTD panjenengan, mengaten Pak Slamet.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: