Oleh: cakudik | 7 Februari 2013

Jumlah Soal UN 2013, 20 paket ?

Begitu POS UN dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BSNP, maka semua yang terlibat dalam dunia pendidikan membaca, mencermati dan meneliti kata demi kata. Khususnya guru di tingkat satuan pendidikan yang dicari pertama adalah ketentuan jumlah paket naskah soal apakah memang diatur 20 paket per ruang ujian atau tidak. Sebagian besar mengatakan “Dalam POS UN 2013 tidak ada kata yang menyebutkan 20 paket naskah soal per ruang”.

Namun kalau dicermati dengan seksama di POS UN 2013 SMP ada halaman 22 yang penggalanya seperti dibawah ini

POS 1

Pada halaman 22, bagian 2, butir 1, sub butir d, dikatakan “menyiapkan naskah soal UN yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama untuk setiap peserta dalam satu ruang ujian untuk UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C”, menurut analisa kami bagian inilah yang secara implisit menerangkan bahwa setiap peserta akan menerima soal yang berbeda alias dalam satu ruang terdapat 20 paket soal.

Tetapi seperti pada postingan sebelumnya disampaikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui BSNP selaku penyelenggara Ujian Nasional telah melakukan revisi/perbaikan terhadap POS UN 2013 SMP/MTs, SMA/MA/SMK, memang terdapat beberapa ketentuan yang diperbaiki.

pos 2

Sehubungan dengan jumlah paket soal di setiap ruang terdapat perubahan pada halaman yang tetap seperti diatas yaitu pada halaman 22, bagian 2, butir 1, sub butir d, dikatakan “menyiapkan sejumlah paket naskah soal UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C dengan mempertimbangkan kesetaraan antarpaket”.

Kalau kita cermati seara seksama pada ketentuan tersebut tidak lagi ada kata berbeda dan kalimat setiap peserta, kata berbeda diubah menjadi kalimat sejumlah paket naskah soal UN, maka dari teks tersebut menurut perkiraan kami dalam pelaksanaannya nanti Ujian Nasional tidak sebanyak 20 paket soal setiap ruang. ….. Allohua’lam ….

Demikian analisa kami kalau ada kesalahan mohon pencerahan dari para ahlinya.

Terima kasih.

 

Ditulis oleh : Marsudi Prahoro, S.Pd (SMPN 5 Lawang Satu Atap)

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: